Flashdisk Tidak Terbaca, Beginilah Cara Ampuh Atasinya


Flashdisk Tidak Terbaca by Pixabay
Image by Pixabay Hans Benn

Termasuk masalah serius apa bila flashdisk yang kita miliki tidak dapat terbaca di Komputer atau Laptop. Sebab flashdisk biasa digunaan untuk menyimpan bermacam data penting. Kegunaan flashdisk dalam teknologi yaitu untuk menyimpan atau copy data agar dapat dipindah dan di buka pada perangkat Komputer atau Laptop yang lain.

Namun sayangnya, perangkat penyimpan dokumen yang satu ini rentan kena virus ataupun rusak. Terasa sial lagi, jika ia tak bisa terbuka padahal ada banyak file penting di dalam perangkat tersebut. Penyebab kenapa file flashdisk tidak terbaca di perangkat Komputer (PC) atau Laptop ada bermacam-macam. Bisa jadi entah perangkat lunaknya PC yang sedang error atau karena partisi pada flashdisk.

Cara Perbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer dan Laptop

Semoga dengan cara yang akan kami sampaikan ini, dapat membantu mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca pada berangkat anda. Langsung saja Sob simak langkah-langkahnya berikut ini: 

1. Lakukan Pengecekan Awal

  1. Langkah pertama coba kita lakukan dulu pengecekan awal pada flashdisk masih fungsi atau tidaknya. Dengan menghubungkannya langsung pada konektot flashdisk yanga ada pada Laptop atau PC kalian. Jika lampu pada flashdisk berkedip berarti masih hidup.
  2. Periksalah pada bagian fisiknya apakah ada cacat atau retak, Apabila terdapat kerusakan pada fisik flashdisk maka tak ada lagi cara lain , selain membawanya ke teknisi elektronik untuk men servis flashdisk tersebut. 

2. Restart Komputer (PC) / Laptop

Cara yang sangat mudah dan sederhana, bisa untuk mengatasi berbagai macam masalah pada Komputer. Cara berikut ini juga dapat mengatasi flashdisk yang tidak terbaca pada perangkat kalian. Pastikan flashdisk kamu tidak terpasang di komputer. 

  1. Matikanlah PC kalian seperti biasa, dengan benar. 
  2. Tunggulah sampai beberapa menit kemudian, lalu kalian nyalakan lagi. 
  3. Tunggu sampai proses loading awalnya selesai terlebih dahulu.
  4. Coba tancapkan lagi flashdisknya, apa kah sudah bisa terbaca flashdisk itu 
  5. Lakukan backup data agar tak terjadi hal serupa, apabila flasdhdisk sudah terbaca. 

3. Coba pada PC Lain

Coba colokan flashdisk ke perangkat lainnya, bisa pinjam ke temen, saudara atau yang lainya. Jika ternyata flashdisk dapat terbaca di perangkat lain tersebut, berarti komputer kalian yang bermasalah. 

4. Melakukan Update Sistem

Terkadang file flashdisk tidak terbaca dikarenakan Sistem operasi yang tidak diperbarui. Untuk langkahnya kalian bisa mengituti langkah berikut ini untuk memeriksa Windows update: 

  1. Langkah pertama buka pada bagian pengaturan komputer, kalian  pilih pada bagian “Update & Security” pada komputer kalian.
  2. Terus pilih tombol “Check for Updates” tunggulah sampai terlihat daftar pembaruan pada komputer kalian. 
  3. Terus, klik update untuk mengunduh pembaruan. Tunggulah sampai selesai proses update pada komputer kalian. 
  4. Selanjutnya restart PC kalian selesai deh.

5. Memanfaatkan Disk Management 

Dengan memakai Disk Management kalian bisa mendeteksi apakah flashdisk  kaian itu terbaca di komputer. Cara mengecek flashdisk tidak terbaca dengan Disk Management bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Colokan  flashdisk tersebut pada perangkat komputer kalian. 
  2. Arahkan pada tombol “Start” lalu klik kanan pilihlah pada bagian “Management Disk” di komputer kalian.
  3. Lalu amati dan periksa flashdisk kalian berada pada sekunder ataukah pada bagian primer. 
  4. Apakah  flashdisk kalian  terdeteksi di sana, jika terdeteksi kalian pilih “Removable” pada fashdisk kalian. Agar mudah terbaca oleh komputer kalian dapat format flashdisk kalian. 

6. Menggunakan Device Manager

Untuk flashdisk tidak terbaca di Komputer bisa juga dengan menggunakan “Device Manager” pada widows 10. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian ikuti berikut ini: 

  1. Arahkan pada tombol “Start” lalu klik kanan pilihlah pada bagian “'Device Manager” di komputer kalian
  2. Pilihlah “Disk drives” klik yang tanda seru berwarna kuning untuk cek permasalahan yang ada. 
  3. Pada bagian “Properties”. Kalian dapat melihat rincian permasalahan pada komputer kalian. 

Menggunakan Device Manager kalian bisa men scan flashdisk bootable yang tidak terbaca tersebut. Dengan cara pilih “Action” --> “Scan for hardware changes” pada windows kalian.

Kalian juga dapat menginstal ulang USB Controller dengan cara berikut ini:

  1. Arahkan pada flashdisk kalian dan klik kanan, pilih “Uninstal” untuk memperbaruinya. 
  2. Jika sudah kalian tinggal restart komputer.

Begitulah langkah-langkahnya untuk mengatasi permasalahan flashdisk tidak terbaca pada komputer. Semoga dengan cara di atas flashdisk kalian akan kembali normal dan semua data kalian terselamatkan ya Sob.

LihatTutupKomentar