Cara Membuat Tutorial Video di HP Android dengan Mudah

Cara-rekam-layar-hp-android-by-bangganez
Screenshoot

Di jaman sekarang ini teknologi semakin canggih dan beragam jenis aplikasinya. Jika Anda ingin membuat tutorial video namun bingung karena peralatan yang Anda miliki terbatas, tenang saja dengan peralatan yang seadanya tetap bisa melakukannya. Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menghasilkan konten berkualitas dengan persiapan yang matang. 


Di era sekarang ini jangan mudah putus asa karena bermodal HP Android saja sudah bisa menjadi konten kreator yang handal. Meskipun sarana terbatas, Anda masih bisa membuat video yang menarik serta bermanfaat untuk orang lain.


Membuat Tutorial Video di HP Android

Video tutorial android merupakan video yang ditayangkan seorang pengajar yang berisi materi pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami suatu materi pembelajaran. Jadi sebelum membikin tutorial video Android, pastikan menyiapkan materi pembelajaran yang mudah dimengerti serta lengkap untuk audiens. Berikut ini cara membuat tutorial video di HP Android:

1. Install Aplikasi Screen Recorder


Pertama install aplikasi Screen Recorder. Lalu kemudian buka aplikasi tersebut dan klik ikon kamera untuk merekam video. Pastikan ketika merekam video layarmu sudah menunjukkan konten yang akan dijadikan sebagai tutorial supaya memudahkan dalam proses editing. 


Pastikan Anda menaruh HP dengan benar agar tutorial video Android yang dihasilkan tidak goyang-goyang atau bergerak kesana kemari dan fokus ke arah yang akan diambil videonya. Pastikan pula gambar yang akan dijadikan video menarik dan jelas ditonton oleh audiens penonton.

2. Rekam Video Tutorial


Kedua gerakkan layar HP Androidmu sesuai tutorial yang disampaikan ke penonton. Anda dapat melakukannya sambil menjelaskan atau diam saja dan menambahkan penjelasannya diproses editing, baik lewat suara yang direkam terpisah atau teks. 


Pastikan HP android Anda dalam keadaan yang baik agar hasil yang didapat jernih dan jelas. Anda bisa bertanya kepada teman atau melihat tutorial di YouTube agar lebih paham. 

3. Mulai Proses Editing


Setelah selesai merekam saatnya memulai proses editing. Dalam proses editing, Anda bisa memakai aplikasi Viva Video, Power Director, dan bahkan Kine Master. Dalam proses editing yang perlu dilakukan adalah mengatur pencahayaan, memotong bagian-bagian yang kurang penting atau bahkan salah, serta memasukkan penunjang lainnya seperti suara, teks serta musik. 


Jika masih bingung Anda bisa membuka tutorial video Android di YouTube agar lebih jelas atau bisa juga bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Proses editing sangat panjang dan detail, jadi Anda harus benar-benar sabar dalam mengolahnya. 

4. Simpan Video dan Upload


Ketika sudah berhasil membuat video tutorial di HP Android, kini Anda perlu menyimpan video tersebut dengan format sesuai yang diinginkan lalu kemudian mengunduhnya ke YouTube, Instagram, Facebook atau bahkan media lainnya. Pastikan Anda sudah menggunakan judul serta deskripsi yang menarik serta sesuai videonya. 


Jangan lupa untuk membagikan tutorial video Android tersebut ke ranah publik, agar banyak yang menonton. Anda juga bisa share link ke beberapa teman atau kerabat yang berkenan melihat video yang sudah Anda buat. Tidak lupa untuk meminta saran serta kritik kepada orang sekitar yang Anda kenal agar dapat membangun video yang Anda buat menjadi lebih baik dan menarik penonton. 


Itulah cara membuat tutorial video di HP Android dengan mudah. Semoga bermanfaat dan Anda menjadi jago dalam membuat video yang menarik serta berkualitas meskipun dengan peralatan yang terbatas.


LihatTutupKomentar